Senin, 08 Desember 2014

Materi tentang Klasifikasi materi

HALO salam cerdas, kali ini saya akan memplubikasikan tentang "KLASIFIKASI MATERI",mungkin jika anda murid SMP anda akan UAS nah saya menyajikan salah satu materi UAS untuk anda yang akan UAS.Semoga dapat membantu dan janganlah menyontek saat UAS nanti.


                                                  Klasifikasi Materi
   klasifikasi adalah pengelompokan,sedangkan materi adalah suatu yang mempunyai massa dan dapat menempati suatu ruangan.Para ilmuwan mengklasifikasikan materi agar mudah dipelajari dan disusun secara sistematis.Contoh materi yaitu: zat padat,cair,dan gas.

*)Perbedaan zat padat,cair,dan gas.


  1.  Unsur
 Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diubah lagi menjadi zat yang lebih sederhana,bagian terkecil unsur adalah atom.Di unsur terdapat  simbol-simbol.Simbol/lambang pada unsur yang berguna untuk mempermudah dalam membacanya dan mempelajarinya.Unsur dialam dibagi menjadi dua jenis yaitu,Unsur logam dan unsur bukan logam.


    Nama unsur menggunakan bahasa latin berdasarkan penemu pertamanya atau tempat ditemukannya unsur tersebut.Tidak dibedakan penamaan antara unsur alamiah yang terdapat di alam maupun unsur buatan.Beberapa unsur menggunakan nama untuk menghormati identitas penemunya ataupun tempat temuannya.

    Unsur logam dan non logam memiliki perbedaan sifat fisika dan kimia.Berikut perbedaan sifat unsur logam.
jika kita perhatikan,baik unsur logam maupun non logam memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari - hari.Contohnya besi dan tembaga,banyak digunakan untuk alat alat perkakas,alat rumah tangga,dan bahan untuk rangka kendaraan .Unsur yodium banyak digunakan sebagai antiseptik.Beberapa kegunaan dari beberapa unsur diperlihatkan di tabel di bawah ini!!.


2. Senyawa

    Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih dengan cara kimia.Bagian terkecil pada senyawa adalah molekul yang berasal dua buah atom atau lebih yang bergabung dengan reaksi kimia,sehingga menjadi molekul.
    Misalnya air memiliki rumus H2O dapat diuraukan menjadi unsur hidrogen (H2) dan oksigen (O2).

*)contoh senyawa dan zat penyusunnya:

















3. Campuran
Campuran adalah suatu materi yang terdiri dari dua zat lebih dan masih mempunyai sifat zat asalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar